Istilah-istilah di Startup Fintech

 

 

 

 

 

 

Ada beberapa istilah yang biasa dipakai dalam penggunaan kata di bisnis Startup Fintech :

  1. Fintech ; Financial Technology merupakan layanan bisnis keuangan berbasis teknologi informasi (high-tech) dan internet yang dapat diakses melalui Personal Computer dan/atau Telepon Selular (Gadget/Tablet). Layanan keuangan tersebut berupa transaksi pinjam meminjam uang, dan transaksi keuangan lainnya (pembayaran, pembelian, pengiriman dan penerimaan uang).
  2. Balance Sheet Lending ; Layanan transaksi pinjam meminjam uang yang sumber dananya berasal dari penyedia layanan (Perusahaan Fintech), sumber dananya bisa berupa dana sendiri Perusahaan Fintech dan/atau dari Investor. 
  3. Peer to Peer (P2P) Lending ; Layanan transaksi pinjam meminjam uang dimana penerima pinjaman (borrower) menerima dana langsung berasal dari pemberi pinjaman (Lender), penyedia layanan (Perusahaan Fintech) hanya bertindak sebagai penghubung antara pihak yang memberikan pinjaman (Lender) dengan pihak yang membutuhkan pinjaman (Borrower).
  4. Switching ; Insfrastruktur yang dimiliki Perusahaan Fintech yang berfungsi sebagai pusat dan/atau penghubung penerusan data transaksi pembayaran melalui jaringan yang menggunakan alat pembayaran berbentuk ; kartu, uang elektronik dan/atau transfer dana. 
  5. Payment Gateway ; Layanan transaksi elektronik yang memungkinkan pedagang (merchant) untuk memproses transaksi pembayaran atau transfer dana dengan menggunakan alat pembayaran berupa ; kartu, uang elektronik,  dan/atau Proprietary Channel.
  6. Proprietary Channel ; Kanal pembayaran yang dikembangkan dan dimiliki oleh Perusahaan Fintech secara eksklusif untuk kepentingan pelanggannya dengan menggunakan teknologi berbasis short message service (sms), mobile, web, subscriber identity module tool kit, unstructured supplementary service data.
  7. Electronic Wallet (Dompet Elektronik) ; Layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana, untuk melakukan pembayaran.
  8. E-Money ; Uang elektronik, uang yang tersimpan dalam sistem seperti server atau chip dan terkoneksi dengan jaringan komputer dan internet.
  9. Seed Funding ; Pendanaan tahap awal sebelum investor (seri pendanaan lainnya) masuk berikutnya.
  10. Crowdfunding ; penggalangan dana dari sejumlah banyak orang untuk memodali suatu proyek atau usaha yang umumnya dilakukan melalui jaringan komputer dan internet.
  11. Pre-money Valuation ; Nilai dari sebuah perusahaan sebelum investor memberi investasi.
  12. Lead Investor ; Merupakan investor yang memberikan dana investasi paling besar dalam sebuah putaran investasi.
  13. Angel Investor ; Seorang investor yang menggunakan dana pribadinya untuk berinvestasi pada sebuah startup dengan imbalan saham perusahaan tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *